06 Juli 2010

Pengenalan Pola

Setiap benda atau sesuatu mempunyai polanya masing-masing, baik dalam bentuk perilaku (behavior) atau karateristik maupun dalam bentuk fisik, seperti wajah, sidik jari, tulisan tangan dan sebagainya. Berdasarkan wujud pola inilah seseorang dapat mengenali orang lain atau membedakan satu benda dengan benda lainnya, dan seterusnya.

Pola ini dibentuk oleh Allah bagi manusia, agar mereka mampu mempelajari gejala atau fenomena alam untuk dimanfaatkan bagi kelangsungan hidupnya. Keberlangsungan kehidupan ini ditentukan juga oleh pola alam yang ada disekitar kehidupan manusia. Bila alam mengalami perubahan pola dari keseimbangannya, maka manusia akan mengalami perubahan pola tersebut seperti: banjir, penyakit, gunung meletus dan lainnya.

Manusia dituntut untuk memperlakukan pola alam ini sesuai dengan polanya agar terjalin keharmonisan pada alam. Adanya keharmonisan alam membuat manusia dapat menikmati hidupnya secara nyaman di alam ini. Pola-pola kehidupan yang diberikan Allah hendaklah dijaga agar keberlangsungan hidup dapat terjamin bagi generasi mendatang. Karena kehidupan masa depan ditentukan oleh kehidupan orang-orang pada masa kini.

Johor, 06 Juli 2010.

Tidak ada komentar: